Caca Blog

Caca Blog Review

Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta ialah salah satu museum batik pertama yang berada di kota Yogyakarta. Museum Batik Yogyakarta ini dibuat oleh Hadi Nugroho pemilik museum. Bangunan museum ini diurus oleh pasangan suami istri yang bernama Dewi dan Hadi Nugroho. Museum ini diresmikan pada tanggal 12 Mei 1977 oleh Kanwil P&K daerah Istimewa Yogyakarta. Luas are museum ini sekitar 400 mtr. persegi yang juga sekaligus jadi rumah pasangan suami istri itu. Pada tahun 2000 dulu, museum ini pernah memperoleh penghargaan dari MURI atas karya “Sulaman Terbesar” dengan batik mempunyai ukuran 90×400 cm2. Lalu pada tahun 2001 museum ini memperoleh penghargaan dari MURI jadi pemrakarsa berdirinya Museum Sulaman pertama yang ada di Indonesia.

Goa Kiskendo Yogyakarta

 

Museum ini menyimpan koleksi batik sampai sampai 1.200 yang terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 batik cap, 124 canting, dan 35 wajan serta bahan pewarna, ada malam di museum ini. Koleksi yang ada di museum ini terdiri jadi tiga barisan yaitu: koleksi batik pedalaman, batik pesisiran daerah, dan koleksi peralatan batik kuno. Waktu anda masuk ke museum, anda akan lihat deskripsi info tentang kisah perbatikan. Berdirinya museum ini ada di info itu. Ada info mengenai peralatan dan beberapa bahan untuk membatik. Ada juga info mengenai langkah-langkah membatik.

 

Ayunan Langit Watujaran

Waktu anda masuk ke ruangan selanjutnya, anda akan dapatkan koleksi beberapa jenis batik yang hadir dari Pulau Jawa serta motifnya. Koleksi di museum ini betul-betul lengkap, mulai dari batik Yogyakarta, batik Solo, Indramayu, Pekalongan, dan ada banyak. Koleksi batik di museum ini di pajang berupa kain panjang ataupu sarung.

http://bloggerseo.hol.es/wisata/bukit-klangon-merapi/

 

Ada kekhasan sendiri dari beberapa macam motif di Museum Batik ini mulai dari warna, corak, serta filosofi yang ada di dalamnya. Koleksinya diperkirakan sampai 500 tipe batik tulis dan 550 tipe batik cap. Dan terdapat beberapa batik yang usianya beberapa ratus tahun. Koleksi usia batik diperkirakan berusia 1700 tahun. Selain itu di Museum Batik ini kerjakan pelestarian merekam proses pembatikan dengan berbagai motifnya. Di museum ini ada klinik perawatan untuk menjaga koleksi batik di museum ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caca Blog © 2018 Frontier Theme